Sumber Air Mengering, Petani Butuh Solusi

0
111
Sumber Air Mengering, Peyani Butuh Solusi
Saluran air yang mengering

Sampang, Kanaltv.net – Kendati sekarang sudah memasuki musim hujan, akan tetapi di sebagian wilayah masih juga kesulitan air. Seperti yang terjadi di dusun Loloran, desa Dharma Camplong, Sampang. Akibatnya banyak petani yang menganggur, tidak bisa menggarap sawah maupun ladangnya.

Air sumber satu-satunya harapan petani sudah mengecil dan tidak bisa mengairi area pertanian. Samsi seorang petani tanaman rempah hanya bisa diam di rumah, sementara usaha sampingan juga tidak ada. “Saat musim kemarau seperti ini saya hanya bisa diam dirumah. Saluran air yang ada sudah mengering, sumber airnya mengecil dan tidak bisa mengalir ke saluran yang ada,” jelasnya.

“Setiap tahun, ya keadaannya seperti ini, kalau memasuki musim kemarau berkepanjangan. Sementara pemerintah setempat seakan tidak ada inisiatif untuk memberi solusi dengan permasalahan petani, saat musim kemarau. Saya tidak punya pekerjaan sampingan, jadinya ya menganggur begini, ” tutur Samsi.

Kini masyarakat hanya bisa berharap agar pemerintah setempat segera memberikan solusi supaya petani bisa mengelolah sawahnya, kendati musim kemarau. Atau pemerintah bisa membuka lapangan pekerjaan baru, untuk menanggulangi situasi yang sulit ini. (ros/sen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here