Pemprov Kembalikan Terminal Joyoboyo Ke Pemkot Surabaya

0
65
Pemprov Kembalikan Terminal Joyoboyo Ke Pemkot Surabaya
Suasana terminal Joyoboyo Surabaya pada siang hari

Surabaya, Kanaltv.com – Seiring berjalannya regulasi kebijakan dan kemanfaatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mengembalikan pengelolaan Terminal Joyoboyo ke tangan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Prinsip kemanfaatan menjadi landasan Pemerintah provinsi untuk menyerahkan pengelolaan terminal ini ke Surabaya.

“Ada azas pemanfaatan pengelolaan, saya melihat akan lebih bermanfaat kalau dikelola Pemkot Surabaya,” kata Pak De panggilan akrab, Soekarwo Gubernur Jawa Timur, Selasa (24/10/2017).

Menurut Pak De, sesuai undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah disebutkan, semua terminal tipe A atau terminal antar kota antar provinsi seperti Terminal Purabaya Bungurasih yang dulunya dikelola Pemerintah Provinsi saat ini diambilalih oleh Pemerintah Pusat.

Sedangkan terminal tipe B antar kota dalam provinsi seperti Terminal Joyoboyo harusnya dikelola pemerintah provinsi. Sedangkan terminal tipe C seperti Terminal Bratang menjadi kewenangan pengelolaan oleh pemerintah kabupaten/kota.

“Joyoboyo harusnya dikelola pemerintah provinsi, namun dari segi manfaat maka Joyoboyo lebih pas jika dikelola Pemerintah Kota Surabaya. Saya sudah mengeluarkan diskresi. Apalagi Bu Wali juga menyatakan kesanggupannya untuk mengelola Joyoboyo,” kata dia.

Menurut Soekarwo, penyerahan kembali Terminal Joyoboyo ke Pemkot Surabaya diyakini akan bisa meningkatkan penggunaan terminal tersebut. Apalagi, Surabaya juga berencana membangun terminal intermoda Joyoboyo (TIJ) semakin terbuka. Rencananya, pemkot bakal membangun tempat parkir lima lantai di Joyoboyo.

Terminal Joyoboyo nantinya juga akan didesain menghubungkan trem, monorel, dan feeder. Joyoboyo juga akan dijadikan lokasi pusat parkir bagi pengunjung KBS.

Untuk membangun Terminal Joyoboyo, Pemkot menyiapkan anggaran sebesar Rp217 milliar. Terminal Joyoboyo nantinya bakal menghubungkan trem jalur Utara-Selatan dan LRT jalur Timur-Barat. Selain itu, Joyoboyo juka akan dijadikan terminal antarmoda dalam kota yang dikoneksikan dengan Stasiun Wonokromo. (ss/ded)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here